skip to Main Content

TUGAS & FUNGSI

KEPALA BADAN

Kepala Badan mempunyai tugas membantu Walikota melaksanakan fungsi penunjangurusan pemerintah bidan perencanaan dan bidang penelitian dan pengembangan

SEKRETARIS

Sekretariat mempunyai tugas melaksanakan koordinasi dan pelayanan administrasi kepada seluruh satuan organisasi di lingkungan Badan Perencanaan Penelitian dan Pengembangan Daerah. Untuk menyelenggarakan tugas, Sekretariat mempunyai fungsi :

  1. Penyusunan rencana dibidang administrasi umum, kepegawaian, keuangan, evaluasi dan pelaporan;
  2. Pengelolaan program administrasi umum, kepegawaian, keuangan, evaluasi dan pelaporan;
  3. Pelaksanaan urusan hukum, organisasi dan tatalaksana serta kehumasan; dan;
  4. Pelaksanaan fungsi lain yang diberikan leh Kepala Badan sesuai tugas dan fungsinya.

SUB BAGIAN UMUM DAN KEPEGAWAIAN

Sub Bagian Umum dan Kepegawaian mempunyai tugas menyelenggarakan program administrasi umum dan kepegawaian dalam arti melaksanakan urusan surat menyurat, kearsipan, ekspedisi, penggandaan, administrasi perjalanan dinas, kerumahtanggaan, peralatan dan perlengkapan kantor, menyelenggarakan kepustakaan, melaksanakan pengelolaan administrasi kepegawaian, hukum, organisasi dan tata laksana serta kehumasan.
Uraian Tugas Sub Bagian Umum dan Kepegawaian adalah :
  1. Menyiapkan bahan perumusan kebijakan teknis dan bahan koordinasi yang berhubungan dengan administrasi umum, kepegawaian dan penatausahaan barang milik daerah;
  2. Merencanakan kegiatan dan anggaran berbasis kinerja berdasarkan tugas dan fungsi Sub Bagian Umum dan Kepegawaian berpedoman kepada rencana strategis;
  3. Melaksanakan administrasi, penggandaan dan pendistribusian surat masuk, surat keluar, perjalanan dinas, penyimpanan berkas kerja, data dan kepustakaan Badan Perencanaan Penelitian dan Pengembangan Daerah;
  4. Menyusun rencana kebutuhan dan melaksanakan kegiatan pengadaan, penatausahaan dan pemeliharaan barang milik daerah untuk mendukung pelaksanaan tugas di lingkungannya;
  5. Melaksanakan tugas kerumahtanggaan meliputi pemeliharaan kebersihan, ketertiban, keindahan, kenyamanan, kelestarian, lingkungan dan keamanan kantor serta penyiapan konsumsi tamu dan rapat dinas;
  6. Menyiapkan bahan pengembangan pegawai meliputi data pegawai, penilaian angka kredit tenaga fungsional dan meneliti usulan kenaikan pangkat, gaji berkala, cuti, pensiun PNSD, usulan PNSD yang akan mengikuti tugas belajar, izin belajar, pendidikan dan pelatihan kompetensi pegawai serta usulan KARPEG, KARIS, KARSUdan TASPEN sesuai ketentuan berlaku;
  7. Menyiapkan bahan pembinaan pegawai meliputi laporan kehadiran, sararan kerja pegawai, penerapan sanksi pelanggaran disiplin, pemberian penghargaan dan penghitungan kesejahteraan pegawai sesuai ketentuan berlaku;
  8. Memfasilitasi perancangan produk hukum daerah dan pelaksanaan urusan organisasi, tatalaksana dan kehumasan di bidang perencanaan, penelitian dan pengembangan pembangunan daerah;
  9. Melaksanakan sistem pengendalian intern pemerintah dan standar operasional prosedur untuk efektifitas pelaksanaan kegiatan dan pelayanan sesuai bidang tugas;
  10. Membuat laporan kegiatan sebagai bahan pertanggungjawaban pelaksanaan tugas; dan
  11. Melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh atasan sesuai tugas dan fungsinya;

SUB BAGIAN KEUANGAN

Sub Bagian Keuangan dengan tugas menyelenggarakan program keuangan dalam arti melaksanakan penyusunan anggaran, pembukuan, akuntansi dan verifikasi, pertanggungjawaban dan laporan keuangan.
Uraian Tugas Sub Bagian Keuangan adalah :
  1. Menyiapkan bahan perumusan kebijakan teknis dan bahan koordinasi yang berhubungan dengan penatausahaan
  2. Merencanakan kegiatan dan anggaran berbasis kinerja berdasarkan tugas dan fungsi Sub Bagian Keuangan
  3. Menyelenggarakan anggaran belanja Badang Perencanaan Penelitian dan Pengembangan Daerah dengan berpedoman kepada Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) yang telah ditetapkan;
  4. Menyelenggarakan anggaran belanja Badang Perencanaan Penelitian dan Pengembangan Daerah dengan berpedoman kepada Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) yang telah ditetapkan;
  5. Mengkoordinasikan pelaksanaan Anggaran Satuan Kerja, penerimaan, penyimpanan, pengeluaran, laporan Surat Pertanggungjawaban (SPJ) Bendahara, pertanggungjawaban, pembukuan keuangan dan menyiapkan laporan hasil verifikasi;
  6. Mempersiapkan bahan serta memberikan pelayanan dalam rangka pemeriksaan keuangan;
  7. Melaksanakan sistem pengendalian intern pemerintah dan standar operasional prosedur untuk efektifitas pelaksanaan kegiatan dan pelayanan sesuai bidang tugas;
  8. Membuat laporan kegiatan sebagai pertanggungjawaban pelaksanaan tugas; dan
  9. Melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh atasan sesuai tugas dan fungsinya.

SUB BAGIAN PENYUSUNAN PROGRAM

Sub Bagian Penyusunan Program mempunyai tugas menyelenggarakan program penyusunan program dalam arti mengumpulkan, menghimpun dan menginventarisasi perencanaan dari masing-masing Bidang, monitoring dan evaluasi, serta mendokumentasikan kegiatan terhadap program pembangunan Badang Perencanaan Penelitian dan Pengembangan Daerah.
Uraian Tugas Sub Bagian Penyusunan Rencana Kegiatan adalah :
  1. Menyiapkan bahan perumusan kebijakan teknis dan bahan koordinasi yang berhubungan dengan penyusunan program dan kegiatan di lingkup Badan Perencanaan Penelitian dan Pengembangan Daerah;
  2. Merencanakan kegiatan dan anggaran berbasis kinerja berdasarkan tugas dan fungsi Sub Bagian Penyusunan Program berpedoman kepada rencana strategis Badang Perencanaan Penelitian dan Pengembangan Daerah;
  3. Mengkoordinasikan penyiapan bahan dan pembuatan laporan serta melaksanakan monitoring, evaluasi dan mendokumentasikan terhadap program pembangunan BadanPerencanaan Penelitian dan Pengembangan Daerah;
  4. Menyiapkan bahan penyusunan Rancangan RPJPD, RPJMD, RKPD dan KUA-PPAS mengumpulkan, mengkoordinasikan dan membuat rencana strategis Badang Perencanaan Penelitian dan Pengembangan Daerah;
  5. Menghimpun usulan rencana kegiatan untuk bahan penyusunan Rencana Kerja yang dilaksanakan Badang Perencanaan Penelitian dan Pengembangan Daerah;
  6. Mengumpulkan, menghimpun, mengkoordinasikan dan membuat bahan laporan kegiatan berkala, kemajuan pelaksanaan kegiatan dan laporan lain yang bersifat insidentil;
  7. Melaksanakan pengawasan dan evaluasi administrasi pelaksanaan kegiatan pembangunan, melaksanakan inventarisasi dan dokumentasi kegiatan pembangunan Badan Perencanaan Penelitian dan Pengembangan Daerah;
  8. Melaksanakan sistem pengendalian intern pemerintah dan standar operasional prosedur untuk efektifitas pelaksanaan kegiatan dan pelayanan sesuai bidang tugas;
  9. Membuat laporan kegiatan sebagai pertanggungjawaban pelaksanaan tugas; dan;
  10. Melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh atasan sesuai tugas dan fungsinya;

BIDANG PERENCANAAN MAKRO, EVALUASI DAN INFORMASI PEMBANGUNAN BIDANG EKONOMI

Bidang Perencanaan Makro, Evaluasi dan Informasi Pembangunan mempunyai tugas melaksanakan sebagian tugas Badan Perencanaan Penelitian dan Pengembangan Daerah dalam hal mengkoordinasikan dan menyusun perencanaan pembangunan daerah, melakukan pemantauan dan menyusun evaluasi laporan pelaksanaan pembangunan, dan melakukan penyusunan, analisa dan penilaian data dan informasi pembangunan daerah.
Untuk menyelenggarakan tugas tersebut, Bidang Perencanaan Makro, Evaluasi dan Informasi Pembangunan mempunyai fungsi :
  1. Penyusunan kebijakan teknis dan penyelenggaraan program penyusunan perencanaan pembangunan;
  2. Penyusunan kebijakan teknis dan penyelenggaraan program pengendalian dan evaluasi pembangunan;
  3. Penyusunan kebijakan teknis dan penyelenggaraan program data dan informasi pembangunan; dan
  4. Pelaksanaan fungsi lain yang diberikan oleh atasan sesuai tugas dan fungsinya.

Bidang Perencanaan Makro, Evaluasi dan Informasi Pembangunan terdiri dari :

  1. SUB BIDANG PENYUSUNAN PERENCANAAN PEMBANGUNAN
    Sub Bidang Penyusunan Perencanaan Pembangunan mempunyai tugas menyelenggarakan program pengkoordinasian penyusunan perencanaan makro daerah
    RPJPD, RPJMD, RKPD dan KUA PPAS APBD.
    Uraian Tugas Sub Bidang Penyusunan Perencanaan Pembangunan adalah :

    • Menyiapkan bahan perumusan kebijakan teknis dan bahan koordinasi yang berhubungan dengan perencanaan pembangunan;
    • Merencanakan kegiatan dan anggaran berbasis kinerja berdasarkan tugas dan fungsi Sub Bidang Penyusunan Perencanaan Pembangunan berpedoman kepada rencana strategis Badang Perencanaan Penelitian dan Pengembangan Daerah;
    • Menyusunan rancangan RPJPD, RPJMD, RKPD dan KUA PPAS APBD berdasarkan peraturan perundang-undangan berlaku;
    • Menganalisis rancangan Renstra Perangkat Daerah;
    • Merencanakan pelaksanaan Musrenbang RPJPD, RPJMD, RKPD;
    • Merencanakan pelaksanaan sinergitas dan harmonisasi RTRW Daerah dan RPJMD, dan pelaksanaan kesepakatan dengan DPRD terkait terkait RPJPD, RPJMD, RKPD dan KUA PPAS APBD dan APBD;
    • Melaksanakan pengendalian, evaluasi dan pelaporan pelaksanaan perencanaan pembangunan daerah; dan;
    • Melaksanakan sistem pengendalian intern pemerintah dan standar operasional prosedur untuk efektifitas pelaksanaan kegiatan dan pelayanan sesuai bidang tugas;
    • Membuat laporan kegiatan secara periodik baik bulanan, semesteran dan tahunan sebagai pertanggungjawaban pelaksanaan tugas; dan;
    • Melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh atasan sesuai tugas dan fungsinya.
  2. SUB BIDANG DATA DAN INFORMASI PEMBANGUNAN
    Sub Bidang Data dan Informasi Pembangunan, dengan tugas menyelenggarakan program statistik dan pendataan dalam arti melaksanakan koordinasi pengumpulan, persiapan dan analisa data dasar untuk perencanaan pembangunan, penyelenggaraan kerjasama antar lembaga untuk mengembangkan statistik skala kota, pengembangan jejaring statistik khusus skala kota, pemberian dukungan penyelenggaraan statistik dasar, survei antar sensus skala kota, survei skala nasional, survei sosial dan ekonomi.
    Uraian Tugas Sub Bidang Data dan Informasi Pembangunan adalah :

    • Menghimpun dan mengolah peraturan perundang-undangan, pedoman, petunjuk teknis, data dan informasi serta bahan-bahan lainnya yang berhubungan dengan statistik, pendataan sebagai pedoman dan landasan kerja;
    • Penyelenggaraan kerjasama antar perangkat daerah dan instansi untuk mengembangkan statistik skala kota;
    • Melakukan pengembangan jejaring statistik khusus skala Daerah;
    • Memberi dukungan penyelenggaraan statistik dasar, survei antar sensus skala Daerah, survei skala nasional, survei sosial dan ekonomi;
    • Menyiapkan dukungan pelaksanaan kegiatan pusat, provinsi untuk urusan Kominfo, Persandian, Statistik dan Pendataan;
    • Melaksanakan pengendalian, evaluasi dan pelaporan pelaksanaan perencanaan pembangunan daerah urusan Kominfo, Persandian, Statistik dan Pendataan;
    • Melaksanakan analisis data dan informasi pembangunan daerah.
    • Membuat laporan kegiatan sebagai pertanggungjawaban pelaksanaan tugas;
    • Membuat laporan kegiatan sebagai pertanggungjawaban pelaksanaan tugas; dan
    • Melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh atasan sesuai tugas dan fungsinya;
  3. SUB BIDANG PENGENDALIAN DAN EVALUASI PERENCANAAN PEMBANGUNAN
    Sub Bidang Pengendalian dan Evaluasi Perencanaan Pembangunan mempunyai tugas menyelenggarakan pengendalian, evaluasi dan pelaporan terhadap perencanaan
    pembangunan.
    Uraian Tugas Sub Bidang Pengendalian dan Evaluasi Perencanaan Pembangunan adalah :

    • Menyiapkan bahan perumusan kebijakan teknis dan bahan koordinasi yang berhubungan dengan pengendalian dan evaluasi perencanaan pembangunan;
    • Merencanakan kegiatan dan anggaran berbasis kinerja berdasarkan tugas dan fungsi Sub Bidang Pengendalian dan Evaluasi Perencanaan Pembangunan berpedoman kepada rencana strategis Badang Perencanaan Penelitian dan Pengembangan Daerah;
    • Mempersiapkan bahan-bahan untuk mendokumentasikan hasil pembangunan.;
    • Menyiapkan dukungan pelaksanaan kegiatan pusat, provinsi terkait dengan pelaksanaan evaluasi perencanaan pembangunan;
    • Merencanakan, menganalisis dan menyusun serta evaluasi dan pelaporan atas pelaksanaan perencanaan pembangunan;
    • Melaksanakan sistem pengendalian intern pemerintah dan standar operasional prosedur untuk efektifitas pelaksanaan kegiatan dan pelayanan sesuai bidang tugas;
    • Membuat laporan kegiatan sebagai pertanggungjawaban pelaksanaan tugas; dan
    • Melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh atasan sesuai tugas dan fungsinya

BIDANG PEMBANGUNAN MANUSIA, SOSIAL BUDAYA DAN PEMERINTAHAN

Bidang Pembangunan Manusia, Sosial Budaya dan Pemerintahan mempunyai tugas melaksanakan sebagian tugas Badan Perencanaan Penelitian dan Pengembangan Daerah
dalam hal mengkoordinasikan dan merencanakan pembangunan di bidang pembangunan manusia, sosial budaya dan pemerintahan yang terdiri dari urusan pendidikan, kebudayaan, pemuda dan olahraga, perpustakaan, kearsipan, kesehatan, pengendalian penduduk dan keluarga berencana, sosial, pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak, pemberdayaan masyarakat, administrasi kependudukan dan catatan sipil, trantibumlinmas, kepegawaian, sekretariat daerah, sekretariat DPRD, dan inspektorat.
Untuk menyelenggarakan tugas tersebut, Bidang Pembangunan Manusia, Sosial Budaya dan Pemerintahan mempunyai fungsi :
  1. Penyusunan kebijakan teknis dan penyelenggaraan program pembangunan manusia;
  2. Penyusunan kebijakan teknis dan penyelenggaraan program sosial budaya
  3. Penyusunan kebijakan teknis dan penyelenggaraan program pemerintahan; dan
  4. Pelaksanaan fungsi lain yang diberikan oleh atasan sesuai tugas dan fungsinya.

Bidang Pembangunan Manusia, Sosial Budaya dan Pemerintahan terdiri dari :

  1. SUB BIDANG PEMBANGUNAN MANUSIA
    Sub Bidang Pembangunan Manusia mempunyai tugas menyelenggarakan program pengkoordinasian, perencanaan, pengumpulan, pengolahan data, monitoring dan evaluasi serta pelaporan kegiatan pembangunan urusan pemerintah bidang pendidikan, kebudayaan, pemuda dan olahraga, perpustakaan, kearsipan, kesehatan, pengendalian penduduk dan keluarga berencana, sosial, pemberdayaan perempuan, perlindungan anak dan pemberdayaan masyarakat.
    Uraian Tugas Sub Bidang Pembangunan Manusia adalah :

    • Menyiapkan bahan perumusan kebijakan teknis dan bahan koordinasi yang berhubungan dengan pembangunan manusia;
    • Merencanakan kegiatan dan anggaran berbasis kinerja berdasarkan tugas dan fungsi Sub Bidang Pembangunan Manusia berpedoman kepada rencana strategis Badan Perencanaan Penelitian dan Pengembangan Daerah;
    • Menyiapkan bahan dan koordinasi penyusunan rancangan RPJPD, RPJMD, RKPD dan KUA-PPAS di lingkup tugas Sub Bidang pembangunan manusia;
    • Memverifikasi Rancangan Renstra Perangkat Daerah di lingkup tugas Sub Bidang pembangunan manusia
    • Menyiapkan bahan dan koordinasi pelaksanaan Musrenbang RPJPD, RPJMD, RKPD di lingkup tugas Sub Bidang pembangunan manusia;
    • Menyiapkan bahan dan koordinasi pelaksanaan sinergitas dan harmonisasi RTRW Daerah dan RPJMD, dan Kesepakatan dengan DPRD terkait RPJPD, RPJMD, RKPD, KUA PPAS APBD dan APBD di lingkup tugas Sub Bidang pembangunan manusia;
    • Menyiapkan bahan dan koordinasi pelaksanaan sinergitas dan harmonisasi kegiatan K/L, dan Provinsi di Sub Bidang pembangunan manusia;
    • Melaksanakan pengendalian, evaluasi dan pengelolaan data, informasi dan pelaporan pelaksanaan perencanaan pembangunan daerah Sub Bidang pembangunan manusia;
    • Melaksanakan sistem pengendalian intern pemerintah dan standar operasional prosedur untuk efektifitas pelaksanaan kegiatan dan pelayanan sesuai bidang tugas;
    • Membuat laporan kegiatan secara periodik baik bulanan, semesteran dan tahunan sebagai pertanggungjawaban pelaksanaan tugas; dan
    • Melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh atasan sesuai tugas dan fungsinya
  2. SUB BIDANG SOSIAL DAN BUDAYA
    Sub Bidang Sosial dan Budaya mempunyai tugas menyelenggarakan program pengkoordinasian, perencanaan, pengumpulan, pengolahan data, monitoring dan evaluasi serta pelaporan kegiatan pembangunan urusan administrasi kependudukan dan pencatatan sipil, dan ketentraman ketertiban umum dan lintas masyarakat.
    Uraian Tugas Sub Bidang Sosial dan Budaya adalah :

    • Menyiapkan bahan perumusan kebijakan teknis dan bahan koordinasi yang berhubungan dengan sosial budaya;
    • Merencanakan kegiatan dan anggaran berbasis kinerja berdasarkan tugas dan fungsi Sub Bidang Sosial Budaya berpedoman kepada rencana strategis Badan Perencanaan Penelitian dan Pengembangan Daerah;
    • Menyiapkan bahan penyusunan rancangan RPJPD, RPJMD, RKPD dan KUA-PPAS Sub Bidang sosial budaya;
    • Memverifikasi Rancangan Renstra Perangkat Daerah Sub Bidang sosial budaya;
    • Menyiapkan bahan dan kordinasi Pelaksanaan Musrenbang RPJPD, RPJMD, RKPD Sub Bidang sosial budaya;
    • Menyiapkan bahan koordinasi pelaksanaan sinergitas dan harmonisasi RTRW Daerah dan RPJMD, dan kesepakatan dengan DPRD terkait RPJPD, RPJMD, RKPD, KUA PPAS APBD dan APBD Sub Bidang sosial budaya;
    • Menyiapkan bahan dan kordinasi Pelaksanaan Sinergitas dan Harmonisasi Kegiatan K/L, dan Provinsi untuk Sub Bidang sosial budaya;
    • Melaksanakan pengendalian dan evaluasi serta Pengelolaan data, informasi dan pelaporan pelaksanaan perencanaan pembangunan daerah Sub Bidang sosial budaya;
    • Melaksanakan sistem pengendalian intern pemerintah dan standar operasional prosedur untuk efektifitas pelaksanaan kegiatan dan pelayanan sesuai bidang tugas;
    • Membuat laporan kegiatan secara periodik baik bulanan, semesteran dan tahunan sebagai pertanggungjawaban pelaksanaan tugas; dan
    • Melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh atasan sesuai tugas dan fungsinya
  3. SUB BIDANG PEMERINTAHAN
    Sub Bidang Pemerintahan mempunyai tugas menyelenggarakan program pengkoordinasian, perencanaan, pengumpulan, pengolahan data, monitoring dan evaluasi serta pelaporan kegiatan pembangunan urusan kepegawaian, sekretariat daerah, sekretariat DPRD, dan inspektorat.
    Uraian Tugas Sub Bidang Pemerintahan adalah :

    • Menyiapkan bahan perumusan kebijakan teknis dan bahan koordinasi yang berhubungan dengan Sub Bidang pemerintahan;
    • Merencanakan kegiatan dan anggaran berbasis kinerja berdasarkan tugas dan fungsi Sub Bidang Pemerintahan berpedoman kepada rencana strategis Badang Perencanaan Penelitian dan Pengembangan Daerah;
    • Menyiapkan bahan dan koordinasi Penyusunan Rancangan RPJPD, RPJMD, RKPD dan KUA-PPAS Sub Bidang pemerintahan;
    • Memverifikasi Rancangan Renstra Perangkat Daerah Sub Bidang pemerintahan;
    • Menyiapkan bahan dan koordinasi Pelaksanaan Musrenbang RPJPD, RPJMD, RKPD Sub Bidang pemerintahan;
    • Menyiapkan bahan dan koordinasi Pelaksanaan Sinergitas dan Harmonisasi RTRW Daerah dan RPJMD, dan kesepakatan dengan DPRD terkait RPJPD, RPJMD, RKPD, KUA PPAS APBD dan APBD Sub Bidang pemerintahan;
    • Menyiapkan bahan dan koordinasi pelaksanaan sinergitas dan harmonisasi kegiatan K/L, dan Provinsi untuk Sub Bidang pemerintahan;
    • Melaksanakan pengendalian dan evaluasi serta Pengelolaan data, informasi dan pelaporan pelaksanaan perencanaan pembangunan daerah Sub Bidang pemerintahan;
    • Melaksanakan sistem pengendalian intern pemerintah dan standar operasional prosedur untuk efektifitas pelaksanaan kegiatan dan pelayanan sesuai bidang tugas;
    • Membuat laporan kegiatan secara periodik baik bulanan, semeteran dan tahunan sebagai pertanggungjawaban pelaksanaan tugas; dan
    • Melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh atasan sesuai tugas dan fungsinymenyiapkan bahan perumusan kebijakan teknis dan bahan koordinasi yang berhubungan dengan sosial budaya;

BIDANG EKONOMI, SUMBER DAYA ALAM DAN INFRASTRUKTUR

Bidang Ekonomi, Sumber Daya Alam dan Infrastruktur mempunyai tugas melaksanakan sebagian tugas Badan Perencanaan Penelitian dan Pengembangan Daerah dalam hal mengkoordinasikan dan merencanakan pembangunan di bidang urusan pariwisata, penanaman modal, tenaga kerja, perdagangan, koperasi, perindustrian, keuangan, pekerjaan umum dan tata ruang, perumahan dan kawasan pemukiman, pertanahan, kecamatan, perhubungan, lingkungan hidup, pertanian, pangan, dan kelautan dan perikanan.
Untuk menyelenggarakan tugas tersebut, Bidang Ekonomi, Sumber Daya Alam dan Infrastruktur mempunyai fungsi:
  1. Penyusunan kebijakan teknis dan penyelenggaraan program ekonomi;
  2. Penyusunan kebijakan teknis dan penyelenggaraan program infrastruktur dan pengembangan wilayah;
  3. Penyusunan kebijakan teknis dan penyelenggaraan program lingkungan hidup dan sumber daya alam; dan
  4. Pelaksanaan fungsi lain yang diberikan oleh atasan sesuai tugas dan fungsinya

Bidang Ekonomi, Sumber Daya Alam dan Infrastruktur terdiri dari :

  1. SUB BIDANG EKONOMI
    Sub Bidang Ekonomi mempunyai tugas menyelenggarakan program pengkoordinasian, perencanaan, pengumpulan, pengolahan data, monitoring dan evaluasi serta pelaporan kegiatan pembangunan urusan pariwisata, penanaman modal, tenaga kerja, perdagangan, koperasi, perindustrian dan keuangan.
    Uraian Tugas Sub Bidang Ekonomi sebagaimana dimaksud adalah :

    • Menyiapkan bahan perumusan kebijakan teknis dan bahan koordinasi yang berhubungan dengan Sub Bidang ekonomi;
    • Merencanakan kegiatan dan anggaran berbasis kinerja berdasarkan tugas dan fungsi Sub Bidang Ekonomi berpedoman kepada rencana strategis Badang Perencanaan Penelitian dan Pengembangan Daerah;
    • Menyiapkan bahan dan koordinasi Penyusunan Rancangan RPJPD, RPJMD, RKPD dan KUA-PPAS APBD Sub Bidang ekonomi;
    • Memverifikasi Rancangan Renstra Perangkat Daerah Sub Bidang ekonomi;
    • Menyiapkan bahan dan koordinasi pelaksanaan Musrenbang RPJPD, RPJMD, RKPD Sub Bidang Ekonomi;
    • Menyiapkan bahan dan koordinasi pelaksanaan sinergitas dan harmonisasi RTRW Daerah dan RPJMD, dan kesepakatan dengan DPRD terkait RPJPD, RPJMD, RKPD, KUA PPAS APBD dan APBD Sub Bidang ekonomi;
    • Menyiapkan bahan dan koordinasi pelaksanaan sinergitas dan harmonisasi kegiatan K/L, dan Provinsi di Sub Bidang ekonomi;
    • Melaksanakan pengendalian dan evaluasi serta pengelolaan data, informasi dan pelaporan pelaksanaan perencanaan pembangunan daerah Sub Bidang ekonomi;
    • Melaksanakan sistem pengendalian intern pemerintah dan standar operasional prosedur untuk efektifitas pelaksanaan kegiatan dan pelayanan sesuai bidang tugas;
    • Membuat laporan kegiatan secara periodik baik bulanan, semesteran dan tahunan sebagai pertanggungjawaban pelaksanaan tugas; dan
    • Melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh atasan sesuai tugas dan fungsinya.
  2. SUB BIDANG LINGKUNGAN HIDUP DAN SUMBER DAYA ALAM
    Sub Bidang Lingkungan Hidup dan Sumber Daya Alam mempunyai tugas menyelenggarakan program pengkoordinasian, perencanaan, pengumpulan, pengolahan data, monitoring dan evaluasi serta pelaporan kegiatan pembangunan urusan perhubungan, lingkungan hidup, pertanian, pangan, dan kelautan dan perikanan.
    Uraian Tugas Sub Bidang Lingkungan Hidup dan Sumber Daya Alam sebagaimana dimaksud adalah :

    • Menyiapkan bahan perumusan kebijakan teknis dan bahan koordinasi yang berhubungan dengan lingkungan hidup dan sumber daya alam;
    • Merencanakan kegiatan dan anggaran berbasis kinerja berdasarkan tugas dan fungsi Sub Bidang lingkungan hidup dan sumber daya alam berpedoman kepada rencana strategis Badan Perencanaan Penelitian dan Pengembangan Daerah;
    • Menyiapkan bahan dan koordinasi penyusunan rancangan RPJPD, RPJMD, RKPD dan KUA-PPAS APBD Sub Bidang lingkungan hidup dan sumber daya alam;
    • Memverifikasi rancangan renstra perangkat daerah Sub Bidang lingkungan hidup dan sumber daya alam;
    • Menyiapkan bahan dan koordinasi pelaksanaan Musrenbang RPJPD, RPJMD, RKPD Sub Bidang lingkungan hidup dan sumber daya alam;
    • Menyiapkan bahan dan koordinasi pelaksanaan sinergitas dan harmonisasi RTRW daerah dan RPJMD, dan kesepakatan dengan DPRD terkait RPJPD, RPJMD, RKPD, KUA PPAS APBD dan APBD Sub Bidang lingkungan hidup dan sumber daya alam;
    • Menyiapkan bahan dan koordinasi pelaksanaan sinergitas dan harmonisasi kegiatan K/L, dan Provinsi Sub Bidang lingkungan hidup dan sumber daya alam;
    • Melaksanakan pengendalian dan evaluasi serta pengelolaan data, informasi dan pelaporan pelaksanaan perencanaan pembangunan daerah Sub Bidang lingkungan hidup dan sumber daya alam;
    • Melaksanakan sistem pengendalian intern pemerintah dan standar operasional prosedur untuk efektifitas pelaksanaan kegiatan dan pelayanan sesuai bidang tugas;
    • Membuat laporan kegiatan secara periodik baik bulanan, semesteran dan tahunan sebagai pertanggungjawaban pelaksanaan tugas; dan
    • Melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh atasan sesuai tugas dan fungsinya.
  3. SUB BIDANG INFRASTRUKTUR DAN PENGEMBANGAN WILAYAH
    Sub Bidang Infrastruktur dan Pengembangan Wilayah mempunyai tugas menyelenggarakan program pengkoordinasian, perencanaan, pengumpulan, pengolahan data, monitoring dan evaluasi serta pelaporan kegiatan pembangunan urusan pekerjaan umum dan tata ruang, perumahan dan kawasan pemukiman, pertanahan dan kecamatan.
    Uraian Tugas Sub Bidang Infrastruktur dan Pengembangan Wilayah sebagaimana dimaksud adalah :

    • Menyiapkan bahan perumusan kebijakan teknis dan bahan koordinasi yang berhubungan dengan infrastruktur dan pengembangan wilayah;
    • Merencanakan kegiatan dan anggaran berbasis kinerja berdasarkan tugas dan fungsi Sub Bidang infrastruktur dan pengembangan wilayah berpedoman kepada rencana strategis Badang Perencanaan Penelitian dan Pengembangan Daerah;
    • Menyiapkan bahan dan koordinasi penyusunan rancangan RPJPD, RPJMD, RKPD dan KUA-PPAS APBD Sub Bidang infrastruktur dan pengembangan wilayah;
    • Memverifikasi rancangan renstra perangkat daerah Sub Bidang infrastruktur dan pengembangan wilayah;
    • Menyiapkan bahan dan koordinasi eelaksanaan Musrenbang RPJPD, RPJMD, RKPD sub bidang infrastruktur dan pengembangan wilayah;
    • Menyiapkan bahan dan koordinasi pelaksanaan sinergitas dan harmonisasi RTRW Daerah dan RPJMD Sub Bidang infrastruktur dan pengembangan wilayah;
    • Menyiapkan bahan dan koordinasi pelaksanaan sinergitas dan harmonisasi RTRW Daerah dan RPJMD, dan kesepakatan dengan DPRD terkait RPJPD, RPJMD, RKPD, KUA PPAS APBD dan APBD Sub Bidang infrastruktur dan pengembangan wilayah;
    • Menyiapkan bahan dan koordinasi pelaksanaan sinergitas dan harmonisasi kegiatan K/L, dan Provinsi Sub Bidang infrastruktur dan pengembangan wilayah;
    • Melaksanakan pengendalian dan evaluasi serta pengelolaan data, informasi dan pelaporan pelaksanaan perencanaan pembangunan daerah Sub Bidang infrastruktur dan pengembangan wilayah;
    • Melaksanakan sistem pengendalian intern pemerintah dan standar operasional prosedur untuk efektifitas pelaksanaan kegiatan dan pelayanan sesuai bidang tugas;
    • Membuat laporan kegiatan secara periodik baik bulanan, semesteran dan tahunan sebagai pertanggungjawaban pelaksanaan tugas; dan
    • Melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh atasan sesuai tugas dan fungsinya

BIDANG PENELITIAN DAN PENGEMBANGAN

Bidang Penelitian dan Pengembangan mempunyai tugas melaksanakan sebagian tugas Badan Perencanaan Penelitian dan Pengembangan Daerah dalam hal mengkoordinasikan, menyelenggarakan penelitian dan pengembangan untuk menyusun kebijakan teknis perencanaan pembangunan di bidang ilmu pengetahuan, teknologi, inovasi, pembangunan manusia, sosial budaya, pemerintahan, ekonomi, sumber daya alam dan infrastruktur.
Untuk menyelenggarakan tugas sebagaimana dimaksud Bidang Penelitian dan Pengembangan mempunyai fungsi :
  1. Penyusunan kebijakan teknis dan penyelenggaraan program teknologi dan inovasi daerah;
  2. Penyusunan kebijakan teknis dan penyelenggaraan program pengkajian pembangunan manusia, sosial budaya dan pemerintahan;
  3. Penyusunan kebijakan teknis dan penyelenggaraan program pengkajian ekonomi, sumber daya alam dan infrastruktur; dan
  4. Pelaksanaan fungsi lain yang diberikan oleh atasan sesuai tugas dan fungsinya.

Bidang Penelitian dan Pengembangan terdiri dari :

  1. SUB BIDANG TEKNOLOGI DAN INOVASI DAERAH
    Sub Bidang Teknologi dan Inovasi Daerah, yang mempunyai tugas menyelenggarakan program penelitian dan pengembangan dalam arti mempersiapkan dan mengolah bahan penyusunan penelitian dan pengembangan pembangunan bidang IPTEK dan inovasi daerah..
    Uraian Tugas Sub Bidang Teknologi dan Inovasi Daerah sebagaimana dimaksud adalah :

    • Menyiapkan bahan perumusan kebijakan teknis dan bahan koordinasi yang berhubungan dengan teknologi dan inovasi daerah;
    • Merencanakan kegiatan dan anggaran berbasis kinerja berdasarkan tugas dan fungsi Sub Bidang teknologi dan inovasi daerah berpedoman kepada rencana strategis Badan Perencanaan Penelitian dan Pengembangan Daerah;
    • Melaksanakan penataan kelembagaan sistem inovasi daerah meliputi lembaga atau organisasi, peraturan dan norma, etika, dan budaya inovasi;
    • Melaksanakan penataan sumber daya sistem inovasi daerah yang terdiri atas keahlian, kepakaran, kompetensi manusia dan pengorganisasiannya;
    • Menyiapkan bahan penyusunan, evaluasi dan perubahan produk hukum daerah dalam rangka penguatan kelembagaan kelitbangan terkait sistem inovasi daerah;
    • Menyusun konsep sistem yang mengatur mekanisme bentuk dan prosedur kerjasama kelitbangan terkait sistem inovasi daerah;
    • Menyusun konsep pelaksanaan diseminasi hasil kelitbangan terkait sistem inovasi daerah melalui media tulisan berupa publikasi ilmiah, poster, leaflet, buklet dan media elektronik berupa dokumentasi elektronik, televisi, serta media pertemuan ilmiah seperti seminar, workshop, kelompok diskusi, dan jenis lainnya;
    • Menyiapkan konsep penyusunan pedoman, analisis kebutuhan, penetapan tujuan dan pengembangan desain program dan kegiatan terkait dengan kegiatan penelitian dan pengembangan IPTEK, perekayasaan, uji coba dan penerapan rancangan bangun/model replikasi dan invensi di bidang teknologi dan inovasi
    • Mengelola perpustakaan Badan Perencanaan Penelitian dan Pengembangan;
    • Melaksanakan sistem pengendalian intern pemerintah dan standar operasional prosedur untuk efektifitas pelaksanaan kegiatan dan pelayanan sesuai bidang tugas;
    • Membuat laporan kegiatan secara periodik baik bulanan, semeteran dan tahunan sebagai pertanggungjawaban pelaksanaan tugas; dan
    • Melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh atasan sesuai tugas dan fungsinya.
  2. SUB BIDANG PENGKAJIAN PEMBANGUNAN MANUSIA
    Sub Bidang Pengkajian Pembangunan Manusia, Sosial Budaya dan Pemerintahan, mempunyai tugas menyelenggarakan program penelitian dan pengembangan dalam arti mempersiapkan dan mengolah bahan penyusunan penelitian dan pengembangan pembangunan bidang pembangunan manusia, sosial budaya dan pemerintahan.
    Uraian Tugas Sub Bidang Pengkajian Pembangunan Manusia, Sosial Budaya dan Pemerintahan sebagaimana dimaksud adalah :

    • Menyiapkan bahan perumusan kebijakan teknis dan bahan koordinasi yang berhubungan dengan pengkajian pembangunan manusia, sosial budaya dan pemerintahan;
    • Merencanakan kegiatan dan anggaran berbasis kinerja berdasarkan tugas dan fungsi Sub Bidang pengkajian pembangunan manusia, sosial budaya dan pemerintahan berpedoman kepada rencana
    • Menyiapkan bahan penyusunan, evaluasi dan perubahan produk hukum daerah dalam rangka penguatan kelembagaan kelitbangan terkait bidang pembangunan manusia, sosial budaya dan pemerintahan;
    • Menyusun konsep sistem yang mengatur mekanisme bentuk dan prosedur kerjasama kelitbangan terkait pembangunan manusia, sosial budaya dan pemerintahan;
    • Menyusun konsep pelaksanaan diseminasi hasil kelitbangan terkait pembangunan manusia, sosial budaya dan pemerintahan melalui media tulisan berupa publikasi ilmiah, poster, leaflet, buklet, dan media elektronik melalui dokumentasi elektronik, televisi, serta media pertemuan ilmiah melalui seminar, workshop, kelompok diskusi dan jenis lainnya;
    • Melaksanakan fungsi pengkajian penyusunan kebijakan teknis, program kerja, fasilitasi, dan penerapan di bidang pembangunan manusia, sosial budaya dan pemerintahan;
    • Melakukan pengkajian pembangunan meliputi aspek-aspek yang terkait dengan bidang pembangunan manusia, sosial budaya dan pemerintahan;
    • Melaksanakan sistem pengendalian intern pemerintah dan standar operasional prosedur untuk efektifitas pelaksanaan kegiatan dan pelayanan sesuai bidang tugas;
    • Membuat laporan kegiatan secara periodik baik bulanan, semesteran dan tahunan sebagai pertanggungjawaban pelaksanaan tugas; dan
    • Melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh atasan sesuai tugas dan fungsinya.
  3. SUB BIDANG PENGKAJIAN EKONOMI SDA DAN INFRASTRUKTUR
    Sub Bidang Pengkajian Ekonomi SDA dan Infrastruktur, mempunyai tugas menyelenggarakan program penelitian dan pengembangan dalam arti mempersiapkan dan mengolah bahan penyusunan penelitian dan pengembangan pembangunan bidang Ekonomi SDA dan Infrastruktur.
    Uraian Tugas Sub Bidang Pengkajian Ekonomi SDA dan Infrastruktur sebagaimana dimaksud adalah:

    • Menyiapkan bahan perumusan kebijakan teknis dan bahan koordinasi yang berhubungan dengan pengkajian ekonomi, SDA dan infrastruktur
    • Merencanakan kegiatan dan anggaran berbasis kinerja berdasarkan tugas dan fungsi Sub Bidang Pengkajian Ekonomi, SDA dan Infrastruktur berpedoman kepada rencana strategis Badang Perencanaan Penelitian dan Pengembangan Daerah;
    • Menyiapkan bahan penyusunan, evaluasi dan perubahan produk hukum daerah dalam rangka penguatan kelembagaan kelitbangan terkait pengkajian ekonomi, SDA dan infrastruktur;
    • Menyusun konsep sistem yang mengatur mekanisme bentuk dan prosedur kerjasama kelitbangan terkait pengkajian ekonomi, SDA dan infrastruktur;
    • Menyusun konsep pelaksanaan diseminasi hasil kelitbangan terkait pengkajian ekonomi, SDA dan infrastruktur melalui media tulisan berupa publikasi ilmiah, poster, leaflet, buklet, dan media elektronik seperti dokumentasi elektronik, televisi, serta media pertemuan ilmiah dalam pelaksanaan seminar, workshop, kelompok diskusi dan jenis lainnya.
    • Melaksanakan fungsi pengkajian penyusunan kebijakan teknis, program kerja, fasilitasi, dan penerapan di bidang ekonomi, SDA dan infrastruktur;
    • Melakukan pengkajian pembangunan meliputi aspek-aspek yang terkait dengan ekonomi, SDA dan infrastruktur;
    • Melaksanakan sistem pengendalian intern pemerintah dan standar operasional prosedur untuk efektifitas pelaksanaan kegiatan dan pelayanan sesuai bidang tugas;
    • Membuat laporan kegiatan secara periodik baik bulanan, semeteran dan tahunan sebagai pertanggungjawaban pelaksanaan tugas; dan
    • Melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh atasan sesuai tugas dan fungsinya
Back To Top